Audit Kinerja Biro Umum Setda Provinsi NTT Semester I TA 2020

 

Untuk mendorong percepatan pelaksanaan program / kegiatan Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2020, Inspektorat Daerah Provinsi NTT sesuai tugas dan fungsi melakukan audit Kinerja semester I pada Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT berdasarkan Program Kerja PengawasanTahunan (PKPT) tahun 2020. Salah satu Perangkat Daerah yang diaudit adalah Biro Umum Setda Provinsi NTT yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pembinaan / mengkoordinir Penyelenggaraan Ketatausahaan, Rumah Tangga dan Perlengkapan, Tata Usaha Keuangan dan tugas lainnya yang diberikan Gubernur Nusa Tenggara Timur.  Pelaksanaan audit difokuskan pada kegiatan yang sesuai hasil penilaian risiko Perangkat Daerah memiliki level lebih tinggi.  Kegiatan Audit dilaksanakan terhitung mulai tanggal 05 s.d 11 Oktober 2020.

Tim pemeriksa saat melakukan Opname Kas bendahara pengeluaran

Tugas dan fungsi Biro Umum Setda Provinsi NTT diwujudkan dalam program/kegiatan yang bertujuan untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui program NTT Bangkit dan NTT Sejahtera. Guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsinya, pada TA 2020 Biro Umum Setda Provinsi NTT mendapat alokasi anggaran Belanja sebesar Rp196.337.495.652,- dengan realisasi sebesar Rp108.868.887.863 atau 55,45%.   Dari jumlah anggaran tersebut diketahui 37,83% atau Rp74.284.599.326,- merupakan Belanja Langsung dengan realisasi sebesar Rp41.275.116.665,- atau55,56% yang digunakan untuk membiayai 3 (tiga) program antara lain Program Peningkatan Kualitas Pelayanan kedinasan Kepala Daerah dan Wakil kepala daerah dengan 1 (satu) kegiatan yaitu Peningkatan Kualitas Pelayanan kedinasan Kepala Daerah dan Wakil kepala daerah.

Kehadiran Inspektorat Daerah dalam kegiatan audit pada Biro Umum Setda Provinsi NTT bertujuan untuk mengawal apakah pelaksanaan program/kegiatan telah sesuai ketentuan yang berlaku karena memiliki peran penting dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Gubernur dan Wakil Gubernur dalam mengakselarasi pembangunan daerah guna peningkatan kesejahteraan rakyat Nusa Tenggara Timur

Salah satu kegiatan Biro Umum Setda Provinsi NTT antara lain penyediaan dana transportasi dan akomodasi Forkompinda, peningkatan komunikasi pimpinan organisasi sosial keagamaan yang bertujuan adanya sinergitas dalam upaya percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakya tguna mewujudkan keadilan sosial. #itdaprovntt #nttbangkit #nttsejahtera. (ly)



Komentar