Persiapan ISO 9001:2015, Inspektorat Daerah Provinsi NTT Lakukan Gab Analisis

 

Kupang, ItdaProvinsiNTT. Dalam rangka mempersiapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada perangkat daerah lingkup Provinsi NTT, Inspektorat Daerah Provinsi NTT  dibawah Pengendali Teknis Inspektur Pembantu Wilayah I, Amelia Peni Tella, SE, M.M telah melaksanakan Gap Analisis pada tanggal 24 s/d 25 Agustus 2020 di 3 (tiga) perangkat daerah yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Kesbangpol Provinsi NTT.  Gap Analisis diperlukan untuk mengidentifikasi  dan  menilai kesiapan perangkat daerah untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015. Perhitungan pada Gab Analisis menggunakan checklist yang dibuat berdasarkan persyaratan yang ada pada ISO 9001:2015.

Tim Inspektorat Daerah Provinsi NTT melaksanakan GAP Analisis pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Gab Analisis dimaksud terdiri dari 9 instrumen dengan 15 sub instrumen yang dianalisis terkait kesiapan dokumen dalam sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 diantaranya Profil lembaga, Bisnis Interaksi Proses Organisasi,  Peraturan dan Perundang-Undangan, Konteks Organisasi, Sasaran indikator dan capaian kinerja, Indeks Pengukuran Kepuasan Pemangku Kepentingan, Identifikasi analisa dan penilaian resiko dan Sistem Dokumentasi/ Pengarsipan dan Evaluasi terhadap personil yang melakukan Diklat/Pelatihan Kompetensi.

Hasil Gab Analisis menunjukan terdapat perangkat daerah yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan kelengkapan dokumen dan masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi.

Diharapkan perangkat daerah dapat mengarsipkan secara baik semua dokumen kelengkapan SMM ISO yang telah dipenuhi guna dapat dipertanggungjawabkan dalam sertifikasi SMM ISO 9001:2015 sesuai ketentuan yang berlaku.#NTTBangkit, NTTSejahtera (AMS)



Komentar