PEMBINAAN ROHANI ASN PEMERINTAH PROVINSI NTT SECARA VIRTUAL

Kupang-Itda ProvNTT. Sekretaris Daerah Provinsi NTT melalui surat Nomor 870/30/BKD5.3 tanggal 25 Agustus 2020 perihal Pembinaan Rohani Gabungan Anggota KORPRI secara Live Streaming dengan Tema “Peran ASN Dalam Menjalankan Tugas Dan Pelayanan Kepada Masyarakat Untuk Mengisi Kemerdekaan” yang disampaikan oleh masing – masing Rohaniwan yaitu : Ir.I Wayan Sumartika, M,Si (Hindu), Ustad Rasyid Muzhar SAG,MH (Islam), Pdt. Jecky Latupeirissa, M.Th (Kristen) dan Pater Yulius Yashinto, SVD (Katolik). Pembinaan Rohani Gabungan ini dilaksanakan (28/08) secara virtual dan diikuti kurang lebih 100 participants ASN Pemerintah Provinsi NTT melalui aplikasi zoom dan live streaming melalui Youtube BKD Provinsi NTT dan  dimeriahkan 3 (tiga) persembahan pujian dari paduan suara Korpri Provinsi NTT

Pembinaan Rohani Gabungan KORPRI lingkup Pemerintah Provinsi NTT secara virtual



Dalam renungannya  Ir.I Wayan Sumartika, M,Si (Hindu) menyampaikan tentang Fungsi dan peran ASN dalam ajaran Hindu sebagai :Hastabrata (Surya) artinya ASN dalam melaksanana tugas dipandang perlu memberikan penerangan ilmu dan teknologi kepada masyarakat sesuai tugasnya; Bulan (Candra) artinya ASN sebagai penghibur ketika masyarakat menghadapi musibah; Bintang (Kartika) artinya ASN menjadi suri tauladan/panutan  bagi masyarakat; Awan artinya ASN tampil tidak pilih kasih dan mengayomi masyarakat; Api artinya ASN  berjiwa pemberani; Samudera artinya ASN mampu berpikir luas dan mampu mengambil keputusan sesuai dengan kewenangannya, Bumi artinya ASN lebih rendah hati.

Ustad Rasyid Muzhar(Islam) menyampaikan agar ASN perlu melakukan penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan jaman khususnya perubahan teknologi informasi terutama komputerisasi, media sosial yang tidak hanya mempermudah cara kerja birokrasi tetapi juga menjadi sarana bagi masyarakat untuk menuntut pelayanan yang baik dan professional. ASN harus open minded dan terus melakukan inovasi dan penyederhanaan birokrasi.

Pdt. Jecky Latupeirissa, M.Th (Kristen) dan Pater Yulius Yashinto, SVD (Katolik) meminta ASN Pemerintah Provinsi NTT untuk meneladani Yesus Kristus dalam menjalankan perannya dimana Yesus datang untuk melayani bukan untuk dilayani.

ASN Inspektorat Provinsi NTT bertempat di ruangan kerja masing – masing turut andil dalam pembinaan rohani secara virtual. Diharapkan dengan kegiatan ini mampu memberikan motivasi, meningkatkan kualitas pegawai dalam upaya pengabdian kepada masyarakat #NTT Bangkit, NTT Sejahtera (AMS) 

Pater Yulius Yashinto, SVD membawakan renungan dengan tema “Peran ASN Dalam Menjalankan Tugas Dan Pelayanan Kepada Masyarakat Untuk Mengisi Kemerdekaan



Komentar