EVALUASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH DAN AUDIT KINERJA INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN SIKKA

Entry briefing EPPD Kabupaten Sikka dengan Bupati Sikka dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sikka, 29 Juli 2020


Maumere, 29 Juli 2020. Berdasarkan Surat Tugas Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor : IP.709/141/ST/K/2020 tanggal 7 Juli 2020, maka Tim Inspektorat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan EPPD atas LPPD Kabupaten Sikka, yang dirangkaikan dengan Audit Kinerja Inspektorat Daerah Kabupaten Sikka, pada tanggal 29 Juli s/d 7 Agustus 2020. Susunan Tim terdiri dari: Noldy Hosea Pellokila, S.Sos., M.M, Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Madya selaku Pengendali Teknis, Maria Edel Timu, S.E, Auditor Muda selaku Ketua dan Agustinus D. D. Taka selaku Anggota.

                EPPD dilaksanakan sesuai amanat Pasal 10, 11 dan 25 Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, yang mewajibkan seluruh Kepala daerah untuk menyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan menyampaikan kepada Presiden untuk LPPD Provinsi kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri dan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur untuk  LPPD kabupaten/kota paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. LPPD yang disampaikan akan dilakukan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) untuk menilai Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Sedangkan Audit Kinerja pada Inspektorat Daerah Kabupaten Sikka dilaksanakan untuk memastikan pengawasan penyelenggaraan  pemerintahan daerah dilaksanakan secara akuntabel dan profesional untuk mendorong terwujudnya tujuan pembangunan daerah.

                Dalam entry briefing yang dilakukan pada hari Rabu, 29 Juli 2020, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo menyampaikan kesediaan untuk mendukung pelaksanaan EPPD dan berharap ada hasil evaluasi akan menujukkan adanya peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sikka. (nhp) #nttbangkit#nttsejahtera


Komentar