RAPAT PARIPURNA DPRD PROVINSI NTT TAHUN SIDANG 2019-2020 SECARA VIRTUAL

Inspektorat Prov. NTT, 14 Mei 2020;

Rapat Penutupan Masa Persidangan II dan Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020 yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi NTT Ir. Emelia Nomleni dihadiri oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Drs. Josef Nae Soi, M.M, serta beberapa anggota DPRD antara lain  Yonas Salean, SH, M.Si, para Ketua Komisi, Ketua Fraksi dan FORKOMPIMDA Provinsi NTT. Rapat juga diikuti  secara tidak langsung melalui Aplikasi Zoom Meeting oleh Pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi NTT.


Kegiatan Rapat dimulai sekitar pukul 09.00 wita yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi NTT Ir. Emelia Nomleni yang juga adalah perempuan pertama yang menjadi ketua DPRD Provinsi NTT Periode 2019–2020. Dalam pidatonya, Pimpinan DPRD mengucapkan selamat hari buruh internasional tanggal 1 Mei kepada para buruh dan pekerja di NTT, selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei kita memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada Insan Pendidik dan kebudayaan diseluruh penjuru negeri khususnya di NTT, selamat hari raya waisak 2564, 7 Mei bagi umat Hindu, Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim dan selamat menjalani bulan Maria serta merayakan kenaikan Tuhan Tuhan Yesus bagi umat Kristiani. Semoga dengan perayaan nasional maupun perayaan iman ini akan terus menguatkan kita ditengah kondisi pandemi Covid 19 ini. Demikian pinta Nomleni.

 

Lebih lanjut  Emelia Nomleni menekankan pada beberapa hal yang menjadi perhatian serius pemerintah adalah:

-  Pemerintah perlu memikirkan skema pengelolaan bidang pertanian, peternakan dan perikanan untuk mendukung ketersediaan sumber pangan bagi masyarakat, juga menyangkut hasil pertanian masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Pemerintah juga harus memastikan jalur logistik harus tetap aman.

- Saat ini kita tahu bahwa dunia berada dalam kecemasan dan kesulitan, sebagai akibat dari penyebaran pandemi Corona Virus Desiase 2019 (Covid 19) yang sangat cepat. Demikian pula yang dialami Bangsa Indonesia termasuk Provinsi NTT.

- DPRD memberikan dukungan sepenuhnya terhadap masalah covid 19 ini, melalui penganggaran dengan scenario tahapan yang dilakukan oleh pemerintah, seperti yang sudah dilakukan sebelumnya melalui anggaran penanganan covid 19 ini.

- Bidang kesehatan sebagai ujung tombak dan garda terdepan penanganan covid 19, perlu mendapatkan perhatian serius dalam ketersediaan sarana prasarana maupun tenaga medis.

- Pada saat ini ASN tidak dapat melakukan kerja dengan maksimal, karena harus bekerja dari rumah. DPRD berharap agar walaupun demikian kita memastikan bahwa masyarakat tetap terlayani.

- Pimpinan dan anggota DPRD menyampaikan turut berdukacita kepada keluarga duka akibat covid 19.

Rapat Paripurna DPRD Provinsi NTT, 14 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting, By. Thomas Bali

Selanjutnya dalam rapat dimaksud, Laporan Sekretaris DPRD Provinsi NTT Drs. Thobias Ngongo Bulu melaporkan bahwa, waktu masa persidingan II Tahun Sidang 2020 dimulai  8 Januari s.d. 14 Mei 2020 dan waktu masa persidingan III dimulai 14 mei s.d. 30 Agustus 2020 dengan kegiatan sebagai berikut:

1. Rapat-rapat DPRD: Rapat Paripurna, Rapat Pimpinan, Rapat Fraksi, Rapat Konsultasi, Rapat Badan Musyawarah, Rapat Komisi, Rapat Gabungan Komisi, Rapat Badan Anggaran, Rapat Bapemperda, Rapat Badan Kehormatan, Rapat Panitia Khusus, Rapat Kerja, Rapat Dengar Pendapat, Rapat Dengar Pendapat Umum.

2.    Hearing/dialog Ranperda Prakarsa DPRD

3.    Pembahasan Pertanggungjawaban APBD Provinsi NTT TA.2019

4.    Pembahasan Rancangan Perda

5.    Kunjungan Kerja Kelembagaan DPRD

6.    Kunjungan kerja alat kelengkapan DPRD dan Reses; yang akan ditetapkan dengan Keputusan DPRD, Keputusan Pimpinan DPRD dan Keputusan Badan Musyawarah DPRD Provinsi NTT.

 Rapat kemudian ditutup oleh Ketua DPRD sekitar pukul 10.30 wita.   

Komentar