Satgas Saber Pungli Awasi Distribusi Bansos Pandemi Covid-19


Kupang, Itda Prov.NTT, Sesuai undangan rapat Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Nomor UN-40/HK.00/04/2020 tertanggal 22 April 2020, maka Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Satgas Saber Pungli Provinsi NTT kembali mengikuti Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Tugas Satgas Saber Pungli, melalui sarana video conference di Ruang Rapat Karoops Mapolda NTT, Kamis (23/4/2020).

Narasumber yang memberikan arahan pada rapat tersebut yaitu; Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum selaku Kasatgas Saber Pungli, Staf Ahli Idkons Menkopolhukam Irjen Pol. Dr. Drs. Widiyanto Poesoko, S.H., M.Si. selaku Sekretaris Satgas Saber Pungli dan Kepala Sekretariat Satgas Saber Pungli Drs. Unggul Sedyantoro, M.Si.


Screenshot Layar saat Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Satgas Saber Pungli
melalui sarana Video Conference pada  Kamis, 23 April 2020 (Foto: Dok. Itda Prov.NTT)

Rapat yang dimulai pada pukul 11.00 Wita itu dipimpin langsung oleh Komjen Pol. Drs. Moechgiyarto, S.H.,M.H, dan diikuti oleh Sekretaris Satgas Saber Pungli, Para Ketua Pelaksana dan Wakil Ketua UPP Provinsi, serta para Koordinator Pokja Satgas Saber pungli beserta anggotanya.

Peserta dari UPP Satgas Saber Pungli Provinsi NTT yang mengikuti rapat tersebut yaitu; Irwasda Polda NTT Drs. Tavip Yulianto, SH., MH., M.Si (Kasatgas), Inspektur Provinsi NTT Ruth D. Laiskodat, S.Si., A.Pt., M.M (Wakil Ketua I), Aswas Kejati NTT Banua Purba, S.H., M.H (Wakil Ketua II), Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol. Taufiq Tri Atmojo (Kapokja Pencegahan), Irbanwil III Inspektorat Provinsi NTT Stefanus Halla, S.T., M.M (Sekretaris II), Kasubdit I Ditreskrimum Polda NTT, Kasubdit Paminal Bidpropam Polda NTT, Panit Subdit Ditreskrimsus Polda NTT, dan Kasubbag Sunluhkum Bidkum Polda NTT.

 UPP Satgas Saber Pungli Prov. NTT saat mendengar materi dari pimpinan rapat
Kamis, 23 April 2020 (Foto: Dok. Itda Prov.NTT)

Dalam rapat virtual itu, pimpinan rapat Komjen Pol Moechgiyarto, menyampaikan keputusan bahwa Satgas Saber Pungli perlu melaksanakan pengawasan secara baik, terkait kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 yakni pengawasan pendistribusian Bantuan Sosial, diantaranya Program Keluarga Harapan, Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Pra Kerja kepada masyarakat yang terkena dampak.

“ Mekanismenya penerima bantuan pemerintah tidak ada bentuk tunai, diterima melalui rekening penerima manfaat. Hal ini perlu diawasi adanya kemungkinan penyimpangan-penyimpangan, antara lain data penerima tidak update dengan baik atau penerima manfaat tidak tepat sasaran serta kemungkinan adanya potongan atau pungli kepada masyarakat penerima manfaat akibat Pandemi Covid-19, " ujarnya.



Suasana rapat via Video Conference di ruang rapat Karoops Mapolda NTT
Kamis, 23 April 2020 (Foto: Dok. Itda Prov.NTT)

Adapun poin-poin rapat yang wajib dilaksanakan semua UPP Satgas Saber Pungli Provinsi dan Kota/Kabupaten, agar pengawasan lebih efektif dan efisien ke depan antara lain:
a.       Melakukan sosialisasi dengan 2 (dua) materi yaitu Pencegahan Pungli dan Pencegahan Penyebaran Virus Corona dan guna meningkatkan peran serta masyarakat untuk mau melaporkan tentang dugaan pungli, maka tidak ada lagi spanduk dengan penulisan “Pemberi Dan Penerima Pungli Dipidana”;
b.      Tindak lanjut laporan pengaduan masyarakat agar diserahkan kepada APIP, dibina dan diproses Sidik;
c.       Posko perlu ada panel data tentang penanganan tiap-tiap laporan pengaduan dugaan pungli;
d.      Program Kota/Kabupaten bebas pungli agar diimplementasikan;
e.       Target operasi dari Menkopolhukam yaitu pengawasan distribusi Bansos, untuk itu diupayakan segera dilaksanakan di tiap-tiap daerah oleh UPP Satgas, kemudian membidik pungli-pungli di birokrasi dan yang nilainya besar;

Melalui rapat ini, diharapkan kepada Satgas Saber Pungli Provinsi NTT agar dapat mengevaluasi dan merumuskan kembali semua kelemahan dan kendala yang terjadi terhadap upaya-upaya pemberantasan pungli di wilayah Provinsi NTT baik di kota maupun di kabupaten. #lawan Covid-19 #awasi Bansos #Saber Pungli # Itda Prov NTT menuju  #nttbangkit #ntt sejahtera. (mjb)

Komentar