Bimtek Tahap III SMM ISO 9001:2015 “ Inspektorat Kawal Pelatihan Audit Internal ”

Narasumber kegiatan, Ivar Kusradi D, S.T., M.Eng saat menyampaiakan materi Bimtek,
Selasa, 17/03/2020 (Foto: Dok.Itda NTT)

Kupang, Itda Prov.NTT, Audit Internal merupakan salah satu persyaratan ISO 9001:2015 pada klausul 9.2, yang mewajibkan suatu lembaga untuk melaksanakan audit internal sebagai bagian dari Evaluasi Kinerja. Program audit internal harus dilakukan untuk memonitor dan mengukur kesesuaian penerapan dan kinerja Sistem Manajemen Mutu di seluruh bagian yang menerapkannya, demikian jawaban yang diungkapkan oleh narasumber Ivar Kusradi D, S.T., M.Eng, saat menjawab salah satu pertanyaan dari peserta Bimtek.

Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 dipahami sebagai sebuah sistem untuk mengatur kinerja lembaga secara menyeluruh, yang dihasilkan dari apa yang dikerjakan dan apa yang ditulis kemudian dibakukan, dan dari apa yang dibakukan tersebut dilaksanakan sesuai dengan SMM yang merupakan panduan atau pedoman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.


Seorang peserta kegiatan saat mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi,
Selasa, 17/03/2020 (Foto: Dok.Itda NTT)

Dalam rangka meningkatkan penguasaan Auditor Internal sebagai salah satu persyaratan SMM ISO 9001:2015, Inspektorat Daerah Provinsi NTT kembali menyelenggarakan Bimtek lanjutan terkait Audit Internal selama 4 hari, yang dimulai pada Selasa,  17 Maret s/d Jumad 20 Maret 2020 di Aula Fernandez Lantai IV Kantor Gubernur NTT-Kupang. Bimtek ini diikuti oleh peserta dari 25 Perangkat Daerah Tingkat Provinsi NTT, Dekranasda Provinsi NTT dan juga dari Tim PKK Provinsi NTT.

Adapun penerapannya tidak lepas dari proses evaluasi baik internal maupun eksternal yang dikenal dengan Audit Eksternal dan Internal. Audit Mutu Internal adalah tahapan penting dari siklus SMM ISO yang mengevaluasi tahapan siklus sebelumnya, serta memberikan gambaran untuk pengambilan langkah-langkah yang tepat bagi tahapan siklus berikutnya. Sehingga proses “Continuous Quality Improvement” terhadap SMM ISO yang ada berlangsung dengan lebih baik, ” lanjut Ivar dalam penyampaian materinya.

Suasana kegiatan Bimtek Internal Audit hari I di Aula Fernandez Lt. IV Kantor Gubernur NTT,
Selasa, 17/03/2020 (Foto: Dok.Itda NTT)

Kegiatan Bimtek yang dibuka  Ruth D. Laiskodat, S.Si., Apt., M.M selaku Inspektur Provinsi NTT ini, menghadirkan narasumber dari Mitra Sejati Fazahara (MSF), sebuah lembaga sertifikasi ISO dari Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, Inspektur Provinsi NTT kembali menekankan tentang  peran strategis Auditor Internal dalam rangka meningkatkan kualitas implementasi SMM ISO di Perangkat Daerah, sehingga diharapkan melalui pelatihan ini Auditor Internal dapat melaksanakan tugas secara profesional dan mampu menyiapkan lembaganya secara lebih baik dalam rangka audit eksternal nantinya.

Agenda kegiatan yang direncanakan pada Bimtek hari kedua yakni tahapan penyusunan dokumen audit sekaligus simulasi audit berdasarkan pembagian kelompok yang telah ditentukan oleh panitia. #internal audit #sertifikasi SMM-ISO #clean government #menuju nttbangkit #nttsejahtera. (*mjb)


Komentar