Bimtek Hari Kedua : Penyusunan Program Kerja Audit Internal


Kupang, Itda Prov.NTT, Tujuan dari Internal Audit ISO sendiri  untuk memberikan pelayanan kepada organisasi/lembaga, dalam rangka membantu semua anggota organisasi/lembaga tersebut, agar semua anggotanya dapat melaksanakan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya secara efektif, atau lebih jauh lagi mencapai efektivitas optimal. Semua pemeriksaan intern tersebut dilakukan melalui analisis-analisis, penilaian-penilaian, saran-saran, bimbingan dan informasi mengenai aktivitas yang diperiksanya.


Suasana Bimtek hari II, Rabu, 18/03/2020 (Foto: Dok.Itda NTT)

Untuk itu dalam setiap penugasan pemeriksaan atau audit, auditor harus menyusun rencana audit. Rencana audit dimaksudkan untuk menjamin bahwa tujuan audit tercapai secara berkualitas, ekonomis, efisien dan efektif. Dalam merencanakan auditnya, auditor menetapkan sasaran, ruang lingkup, metodologi, dan alokasi sumber daya. Salah satu dokumen perencanaan audit adalah program kerja audit dan jadwal audit.

Narasumber Ivar Kusradi D, S.T., M.Eng, pada lanjutan materinya di hari kedua Bimtek menyampaikan bahwa: “Program Kerja Audit (PKA) merupakan rancangan prosedur dan teknik audit yang disusun secara sistematis yang harus diikuti/dilaksanakan oleh auditor dalam kegiatan audit untuk mencapai tujuan audit. PKA disusun setelah auditor memperoleh pemahaman yang cukup tentang tujuan audit. PKA akan menjadi guidance bagi auditor,.

Peserta dari masing-masing Perangkat Daerah berdiskusi untuk menyusun PKA,
Rabu, 18/03/2020 (Foto: Dok.Itda NTT)

Pada bimtek SMM ISO hari kedua tersebut, peserta dari masing-masing Perangkat Daerah yang hadir, selain melakukan penyusunan dokumen audit yang diperlukan saat melakukan Internal Audit ISO 9001:2015.  Program Kerja Audit dan Jadwal Audit, para peserta juga diminta untuk menyiapkan daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan dimaksud tersebut nantinya akan menjadi alat atau instrumen bagi seorang audit dalam menggali dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan saat kegiatan audit dilaksankan.

Peserta Bimtek dari Inspektorat saat berdiskusi dengan narasumber Ivar Kusradi D, S.T., M.Eng,
Rabu, 18/03/2020 (Foto: Dok.Itda NTT)

Dalam ISO 9001:2015 Internal Audit wajib dilakukan paling tidak 2 bulan sekali, untuk mengukur apakah SMM tersebut sudah berjalan dengan benar atau tidak. Dengan demikian sangat penting untuk seorang auditor internal paham akan tugas dan tanggungjawabnya tersebut.

Simulasi audit yang melibatkan semua peserta direncanakan pelaksanaannya pada Bimtek hari ketiga, bertempat di ruang rapat Asisten Setda Provinsi NTT. #penyusunan PKA #sertifikasi SMM-ISO #cleangovernment #menuju #nttbangkit  #nttsejahtera. (*mjb)



Komentar