Upaya Tingkatkan Kinerja, Satgas Saber Pungli Provinsi NTT Gelar Video Conference


Kapolri Jenderal Idham Azis meminta kinerja Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) lebih digencarkan tahun ini. Beliau juga menghimbau agar dilakukan evaluasi setiap bulan terhadap kinerja Satgas Saber Pungli.

Terkait hal tersebut, Irwasda Polda NTT Drs.Tavip Yulianto,SH.,MH.,M.Si selaku Kasatgas Saber Pungli Provinsi NTT kembali menggencarkan kinerja Satgas Saber Pungli dengan mengadakan video conference terkait evaluasi kegiatan TA.2019 dan perencanaan kegiatan TA.2020 dengan semua Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Satgas Saber Pungli Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT pada Rabu (29/1/2020).



Dalam kesempatan tersebut, Irwasda Polda NTT Drs.Tavip Yulianto,SH.,MH.,M.Simenjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan tugas Satgas Saber Pungli Provinsi NTT dan UPP Kabupaten/Kota, yaitu:
  1. Akan ada regulasi atau aturan yang baru dari Satgas pusat tentang Satgas Saber Pungli ;
  2. Agar membantu Pemerintah Daerah masing-masing untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pemberantasan Pungli;
  3. Tingkatkan koordinasi agar ada disiplin ASN dalam menyelenggarakan pelayanan publik menuju Good Government;
  4. Membangun dan mengoptimalkan budaya anti pungli dan korupsi; dan
  5. Memberikan rekomendasi kepada Kepala Daerah/Lembaga/Instansi apabila ada temuan-temuan pungutan liar.

Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan Satgas Saber Pungli NTT dan UPP Satgas Saber Pungli Kabupaten/Kota selama Tahun 2019, diketahui bahwa total kegiatan Sosialisasi yang dilakukan sebanyak 196 kali dengan peserta berjumlah 6.950 orang, sedangkan untuk kegiatan penindakan sebanyak 3 kali yakni 2 kasus yang ditangani oleh Satgas Saber Pungli Provinsi NTT dan 1 kasus yang ditangani oleh UPP Satgas Saber Pungli Kabupaten Alor. Hal lain yang menjadi kendala dalam pelaksanaan tugas Satgas adalah terbatasnya dukungan anggaran, namun sejauh ini anggaran tersebut digunakan secara efektif dan optimal guna pelaksanaan rencana kegiatan yang ada.




Dalam arahan Inspektur Provinsi NTT (Wakil Ketua I Satgas Saber Pungli Provinsi NTT) yang disampaikan oleh Irbanwil III Stefanus F. Halla,ST.,MM, kepada semua peserta video conference terutama kepada UPP Satgas Saber Pungli Kabupaten/Kota ditekankan 2 (dua) hal dalam pelaksanaan tugas Satgas Saber Pungli Tahun 2020, yaitu:
  1. Meningkatkan koordinasi secara baik dengan pemerintah Daerah agar adanya peningkatan dukungan anggaran pada kegiatan Satgas Saber Pungli; 
  2. Hasil pengawasan Satgas Saber Pungli agar disenergikan dengan kegiatanpengawasan Inspektorat Daerah Kabupaten/Kota agar ditingkatkan pengawasan pada Perangkat Daerah yang memiliki risikoterjadinya Pungli.

Kegiatan video conference ini dilaksanakan di ruang Vicon Lantai II Mapolda NTT. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Inspektur Provinsi NTT yang diwakili oleh Inspektur Pembantu Wilayah III, para Ketua Pokja dan anggota Satgas Saber Pungli Provinsi NTT.

Pada sesi akhir kegiatan ini, ada diskusi dan tanya jawab antara semua peserta video conference dari masing-masing UPP Satgas Saber Pungli Kabupaten/Kota. Saber Pungli_menunjang_pemerintah bersih menuju #nttbangkit  #nttsejahtera

Komentar

Posting Komentar