Pemeriksaan Kinerja Perangkat Daerah TA. 2019 pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi NTT



“Ibarat mesin, data hanyalah instrumen. Pikiranlah yang mengendalikan seluruh sistem operasinya”. Kalimat tersebut dikutip dari halaman awal (landing page/homepage) website milik Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi NTT (http://bappelitbangda.nttprov.go.id/landing/). Kalimat singkat tersebut secara tersirat mengimplikasikan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur yang menjadi amanat bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan #nttbangkitnttsejahtera.  Website ini sendiri memuat berbagai informasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan oleh Perangkat Daerah Lingkup Provinsi NTT yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan stakeholders akan hadirnya sistem informasi yang interaktif dan user friendly terkait penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Ini juga merupakan salah satu variabel untuk mengukur kesiapan Bappelitbangda dalam mensinergikan implementasi reformasi birokrasi yang berbasis data terintegrasi dengan sistem informasi teknologi (IT). Selain website tadi, terdapat juga sebuah data center dengan nama “NTT Satu Data” yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembangunan. Melalui koordinasi Bappelitbangda Prov. NTT, “NTT Satu Data” diharapkan dapat mengelola dan menyelenggarakan data yang akuntabel dan berintegritas, dengan prinsip-prinsip dasarnya adalah satu standar data, satu metadata baku, dan satu portal data dengan prinsip penyajian melalui open data (data terbuka) sebagai Data Base Pembangunan Daerah maupun Nasional.
Inspektorat Daerah Provinsi NTT, melalui Tim Auditnya yang berjumlah 6 orang, melakukan pemeriksaan kinerja sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsinya dalam bidang pengawasan dengan mengacu pada Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) TA. 2020. Pemeriksaan kinerja ini dilakukan selama 10 hari dan diharapkan dapat memberikan masukan, perbaikan ataupun penyempurnaan terhadap berbagai ketidaksesuaian dalam implementasi tugas pokok dan fungsi Bappelitbangda Prov. NTT, sekaligus sebagai quality assurance bagi pelayanan birokrasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa (good governance).
#nttbangkit #nttsejahtera    #itdaprovntt #pemerintahanbersih


Komentar

Posting Komentar